Bisnis e-commerce mulai tumbuh
dengan cepat sejak tahun 1998. Pada awal pertumbuhannya tipe bisnis ini hanya
melingkupi bidang business-to-consumer (B2C) e-commerce. Namun pada
pertumbuhannya perkembangan bisnis ini mulai melingkupi bidang
business-to-business (B2B), consumer-to-consumer (C2C), dan consumer to business
(C2B) berikut definisi-nya :
1. B2B ( Bussines to Bussines )
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
1. B2B ( Bussines to Bussines )
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
- Disebut juga transaksi antar perusahaan
- Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
- Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
Contoh:
1.http://globalmarket.com/
1.http://globalmarket.com/
Deskripsi:
GlobalMarket
Group adalah sebuah perusahaan perdagangan internasional pemasaran. Sekarang
dengan lebih dari 30 kantor lapangan serta staf dari 1.000, perusahaan
berkomitmen untuk mendirikan GMC (Global Produsen Sertifikat), di mana
manufaktur Cina yang berkualitas didirikan dan dapat berdiri di antara sisanya.
Dengan mengikuti pameran global, penawaran marketing dan memberikan solusi
sourcing, jembatan pasar global kesenjangan antara pembeli global dan produsen
GMC.
2.
B2C (Bussines to Consument )
B2C adalah kegiatan E-businesses
dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.
Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan
oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2C adalah sebagai
berikut :
- Disebut dengan transaksi pasar
- Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
- Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
- Memintaagar barang dikirimkan
Contoh:
2.http://www.bhinneka.com/
Deskripsi:
Bidang Usaha :
Total IT Solution Spesialis dalam Komputer & Software Distribution
3. C2C ( Consumer to Consumer )
C2C adalah model e-commerce yang menjamur di
Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online
dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog
gratis seperti blogspot).
C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
Contoh:
Deskripsi:
eBay Online Auction
eBay adalah ajang pasar online dunia.
Di E-Bay kita dapat melakukan transaksi online sebagai penjual atau pembeli.
eBay Online Auction
eBay adalah ajang pasar online dunia.
Di E-Bay kita dapat melakukan transaksi online sebagai penjual atau pembeli.
Tujuan e-Business dan e-Commerce
Tujuan E-Commerce adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data sumber daya manusia, keuangan, Supply Chain Management/Logistic Management. Selain itu berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi publik. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.
Manfaat e-Commerce :
Tujuan E-Commerce adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data sumber daya manusia, keuangan, Supply Chain Management/Logistic Management. Selain itu berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi publik. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.
Manfaat e-Commerce :
- Meningkatkan kinerja operasional perusahaan.
- Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang sangat luas.
- Meningkatkan efisiensi perusahaan.
- Mempermudah pengelolaan asset perusahaan.
- Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.
- Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholders.
- Mengatasi kesenjangan digital.
- Media mempromosikan kompetensi perusahaan.
- Memperlancar transaksi bisnis.
- Sarana penyebaran informasi secara luas.
No comments :
Post a Comment